14 February 2013

Before Sunrise & Before Sunset

Jika ditanya, film drama romantis apa yang paling disukai? Saya pasti jawab: Before Sunrise dan Before Sunset. Kenapa tiba-tiba ngereview dua film romantis ini? Bukan, bukan karena hari ini katanya hari kasih sayang. Bukan! Tapi karena ternyata sudah ada lanjutan dari sequel film ini, berjudul Before Midnight.

Mungkin bagi sebagian orang, atau bahkan banyak orang, film dengan dua tokoh utama Jesse (Ethan hawke) dan Celine (Julie Delpy) yang penuh dengan dialog panjang tak henti-hentinya, sudah jelas akan sangat membosankan. Tapi berbeda dengan dua film ini. Ditangan sutradara Richard Linklater, film ini disulap menjadi film yang manis, romantis, menyentuh, realistis, dan sangat berbekas, meninggalkan kesan tersendiri.


Before Sunrise (1995)
Bermula dengan pertemuan mereka di kereta, Celine seorang wanita Prancis sedang dalam perjalanan pulang ke Prancis, sedangkan Jesse seorang lelaki Amerika akan menuju ke Vienna untuk melanjutkan penerbangannya pulang. Mereka lalu mengobrol dan menemukan kecocokan satu sama lain sejak awal.

Saat kereta itu berhenti di Vienna, Jesse mengajaknya turun untuk menghabiskan waktunya bersama hingga pagi, sebelum Jesse terbang ke Amerika. Celine lalu menyanggupinya. Mereka berjalan-jalan menyusuri kota Vienna sepanjang hari, sepanjang malam, hingga menjelang pagi. Satu hari yang akan diingat untuk selamanya.

Satu malam yang manis dengan seorang asing yang baru saja dikenal, entah sebuah bencana atau sebuah keberuntungan. Apakah memang bencana karena setelah pagi mereka harus mau berpisah, saling mengucapkan selamat tinggal, dan entah kapan akan bertemu lagi (atau mungkin tidak sama sekali)? Atau memang beruntung karena bisa saling bertemu, saling mengenal, merasa cocok, dan mendapatkan momen-momen indah yang begitu berkesan?

Hingga akhirnya pagi itu tiba, mereka berpisah tanpa meninggalkan alamat, no telp, atau kontak lainnya. Namun mereka membuat kesepakatan untuk bertemu lagi di Vienna 6 bulan kemudian.


Before Sunset (2004)
Setelah perpisahan Jesse dan Celine di Vienna, mereka akhirnya bertemu lagi. Bukan 6 bulan semenjak perpisahan mereka, dan juga bukan di Vienna seperti yang mereka janjikan. Melainkan di Paris, 9 tahun kemudian. Ya, s e m b i l a n tahun kemudian. Jesse sedang melakukan promosi novelnya di sebuah toko buku, dan Paris adalah kota ke-10 sekaligus kota terakhir dari rangkaian tournya. Jesse sudah menjadi seorang penulis novel, dan yaa tentu saja kisah tentang pertemuan dia dengan Celine yang menjadi cerita di novel larisnya itu.

Jesse dan Celine menghabiskan sedikit waktunya sebelum penerbangan Jesse untuk pulang ke kotanya, dengan berjalan-jalan, mengobrol panjang, serta mampir ke cafe di kota Paris. Dari obrolan itu, mereka akhirnya tahu bahwa Celine tidak datang ke Vienna setelah 6 bulan mereka bertemu dulu karena neneknya meninggal, sedangkan Jesse menunggunya dengan penuh harap. Padahal mereka sama-sama menunggu waktu tersebut. Mereka sama-sama saling jatuh cinta, dan terlihat ada penyesalan akan masa lalu. Tetapi sayang, semua keadaan mereka sudah jauh berbeda dengan 9 tahun yang lalu. Jesse sudah menjadi seorang suami, dan bahkan sudah memiliki anak. Yeah, memory is a wonderful thing if we don't have to deal with the past.


Kedua film ini sungguh terasa real, jauh dari kesan drama atau kisah negeri dongeng. Saya sangat suka acting dari Ethan Hawke dan Julie Delpy. Di film ini mereka sangat natural, chemistry mereka berdua pun sangat kuat. Sederhana, manis, kaya makna, dan romantis. Ahh, saya mau kasih nilai 9/10 untuk kedua film di atas! Ngga sabar jadinya nungguin 'Before Midnight' keluar.

3 comments:

  1. Makasih atas infonya sangat kreatif dan inspiratif. Salam kenal.

    ReplyDelete
  2. wah baru ane juga mau buatin reviewnya, soalnya nontonnya juga baru2 sih..
    emang keren ini filmnya sequelnya keluar 9tahunan.. padahal isinya dialog2an doang mah ya tapi tetep enak ngikutin ceritanya..
    kira2 ada film lain yg kayak gini ga ya? suka bikin senyum2 sendiri nontonnya, si ethan hawke nyekilnya jago dia..

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kata anda :)