20 March 2012

berasumsi

Asumsi: (n) dugaan yang diterima sebagai dasar;
landasan berpikir karena dianggap benar.

Kita hidup dalam asumsi masing-masing. Berasumsi si A adalah orang yang kurang baik, berasumsi bahwa hal B wajar dan pantas untuk dilakukan (padahal tidak), berasumsi si C membenci kita. Ya, dan semua itu hanyalah asumsi semata. Bukan sebuah kebenaran. Hanya persepsi subjektif yang muncul dari tiap-tiap kepala manusia. Beda kepala, beda pemikiran.

Yang jadi masalah adalah, kita seringkali berasumsi negatif. Segala dilihat dari kekurangannya, dari keburukannya. Asumsi seperti itu lah yang merusak dan menyesatkan kita. Entahlah, saya mulai lelah untuk terlalu banyak berasumsi. Yaa, setidaknya cari tahu apa yang terjadi sesungguhnya sebelum kita menyimpulkan bahwa ini benar dan itu salah, ini baik dan itu buruk.

Yasudahlah, intinya jangan terlalu banyak berasumsi. Jangan terlalu cepat menyimpulkan. Biasakanlah untuk terus berpikir positif. Selamat malam :)

3 comments:

  1. iyah setuju, kalo asumsi mending ke arah yg positif aja, pernah ada pengalaman di kantor jg mel, beda orang yg menanggapi beda pula kesimpulannya..

    ReplyDelete
  2. Hidup positif thinking (>o<)/

    ReplyDelete
  3. setuju mel, follow balik aku dong sayang hehe :
    www.sifamul.blogspot.com
    :)

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kata anda :)