Posts

Showing posts from 2012
Berhenti dan berubahlah karena keinginan,
bukan karena keadaan.

Apa yang kamu cari dalam hidup ini?

Image
Masih, pertanyaan-pertanyaan semacam ini selalu saja berdentang di kepala saya: "Sebenarnya apa sih yang dicari dalam hidup?" Malam kemarin saya mengobrol banyak dengan seorang sahabat lama, membicarakan hidup, membicarakan waktu, membicarakan kehidupan. Bermula dari pertanyaan, "Kamu gimana sekarang sama kerjaannya?", lalu mengalir deras berbagai cerita dan pertanyaan-pertanyaan absurd yang memang sebenernya tak harus dipertanyakan. Hingga akhirnya, pertanyaan itu mencuat lagi.
Dari dulu saya selalu merenungkannya dengan berbagai pikiran di kepala saya, mencari jawabannya, tapi tak pernah merasa puas. Banyak orang akan menjawab, yang mereka cari adalah kebahagiaan, ketenangan hidup, serta Ridha Allah SWT.
Lalu apa definisi dari kebahagiaan? Punya harta yang melimpah, punya mobil dan rumah mewah, menikah segera dan dianugerahi keturunan, punya pekerjaan hebat di perusahaan besar dengan gaji dua digit? Apa kah semua itu yang banyak orang cari ketika usianya masih pr…

Konsep Pernikahan dan Budaya

Beberapa minggu yang lalu tiba-tiba dapet tawaran motret prosesi pernikahan sahabatnya temen di Bandung. Tanpa basa basi dan mikir panjang saya langsung mengiyakan. Alasan pertama, karena udah lama ngga motret, yah itung-itung sekalian hunting foto. Alasan kedua adalah karena katanya konsep pernikahannya ini tergolong unik, yaah agak langka aja dilakuin di Indonesia, lumayan kan buat referensi konsep nikah ntar. Haha :)

     Konsep pernikahan mereka itu round table. Tamu undangan dibatasi hanya sekitar lima puluh undangan, yang terdiri dari keluarga terdekat mempelai wanita dan pria. Dekorasi gedungnya juga minimalis, lebih nonjolin di dekorasi bucket bunga-nya. Di areal pelaminan cuma ada empat kursi sofa. Lalu di tengah gedung berjejer beberapa round-table yang masing-masing terdiri dari (kurang lebih) delapan kursi per meja.

     Pukul sebelas akad nikah dimulai. Sebelumnya sudah dibuka dengan beberapa sambutan dan doa bersama. Setelah selesai akad nikah, prosesi sungkem kepa…

Photograph : "Pulang ke Sebuah Tempat yang Kusebut Rumah"

Image
Lokasi :
Bandung Car Free Day - Buah Batu
Menara Masjid Agung Bandung
Alun-alun Kota Bandung

Eh, basah...

Di sebuah kelas, saat olimpiade biologi jaman SD:
"Lho ini di mejanya ada air tumpah ya, kertas jawabannya basah gini."Di saat halal bihalal SMP, nyalamin semua guru yang berjejer rapi di lapangan:
"Kenapa, kok tangannya basah sama dingin, kamu lagi sakit ya?"Di GSG sekolah, setiap kali latihan pencak silat:
Pemanasan. Telanjang kaki. Beberapa cap telapak kaki bermunculan di lantai semen. Debu-debu mulai menempel di kaki. Kurang dari semenit. Hingga bemenit-menit berikutnya.Di banyak pagi, saat SMA:
"Gila, tangan kamu udah kayak mayat, dingin banget!"
"Lemah jantung ya?"
"Ih, abis cuci tangan ya!"
Lalu dia mengelap tangannya.Di kantor kecamatan, saat bikin E-KTP:
"Empat jari tangan kanan."
"Coba lagi.."
"Tahan.."
"Aduh, merah semua! Coba lagi, agak diteken."Belum yang tangan kiri, belum jempol kanan, belum jempol kiri. Alhasil saat bikin E-KTP saya yang paling lama. Karena error terus pas pembaca…

Convo di pagi hari : Jarak

Q : "Mel, ketika kamu udah bener-bener capek, dan emang cuma pengen istirahat, apa yang kamu lakuin? Ketika kamu ngerasa mati suri tapi kamu ngga tau harus berbuat apa, apa yang kamu lakuin?"
M : Saat itu aku sadar betul, ketika aku ngerasa kayak gitu aku pasti lagi berjarak dengan Tuhan, maka aku akan mempersempit jaraknya, dengan berlari mendekat.

Indonesia, saya semakin jatuh cinta padamu!

Image
Saya semakin tergila-gila pada Indonesia; pada pantainya, pada alamnya, pada gunungnya, pada penduduknya, pada kulinernya, semuanya. Sudah seminggu saya di Palu, Sulawesi Tengah. Walaupun tidak ada bioskop, saya puas dengan tontonan yang disuguhkan oleh kota ini. Palu dikelilingi oleh gunung-gunung yang luar biasa indah, membentang mengelilingi kota. Pantai yang tenang, air laut yang jernih, terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik.  Ada beberapa yang unik di sini: Pisang goreng (manis) disuguhkan dengan sambal; Tempat makan kaki lima ---penyetan, ayam goreng, dan sebagainya, hampir semuanya bernama 'Mas Joko'; Angkutan kota di sini mereka bilang taxi, sedangkan taxi mereka bilang argo. Makanya, orang sini kaya kaya, tiap hari pake taxi untuk nganter kemana-mana :) Untuk masalah kuliner, di Sulawesi Tengah terkenal sekali dengan kaledo (Kaki Lembu Donggala), dan ternyata sangat nikmat disajikan dengan singkong. Masih banyak cerita lainnya, tapi nanti saja saya lanjutkan.. ber…

Pantai Lamona, Ai Loang, Sumbawa Besar

Image

Pantai Goa, Sumbawa Besar

Image
Dalam seminggu, sudah empat kali saya ke Pantai Goa. Berburu kuliner ikan :)
Beraneka ragam jenis ikan ada di sini, dari mulai kakap merah, baronang, dan lain-lain, juga tak lupa ada cumi-cumi. Harganya pun tergolong murah, cumi besar dihargai dua puluh sampai dua puluh lima ribu rupiah. Ikan dihargai mulai dari dua puluh lima ribu rupiah, tergantung jenis dan ukurannya. Serta jangan lupa untuk mencoba 'sepat', makanan khas Sumbawa. Rasanya asam-asam segar dan agak 'sepet' sedikit. Tapi sepat ini cocok banget buat dimakan bareng ikan, bau amis dari ikannya jadi ngga berasa dan menambah nafsu makan :D
Ini penampakan pantainya di siang hari, saat itu air pantainya sedang surut, dan banyak kapal nelayan di pantai ini. Yay, selamat makan siang dan menikmati hari :)

Pantai Batu Gong, Sumbawa Besar

Image
Baru seminggu di Sumbawa, sudah dua kali saya mendatangi Pantai Batu Gong. Pantai ini terletak di Desa Labuhan Sumbawa, sekitar setengah jam dari pusat kota Sumbawa Besar. Pantainya cukup indah, banyak anak penduduk lokal yang berenang dan juga wisatawan lokal yang berkunjung ke pantai ini saat weekend. Saat menjelang sore hari, banyak penduduk lokal yang memancing di pantai ini. Pantai Batu Gong ini terbilang bersih, tapi sayang kurang dikelola dengan baik, di sekitaran pasir juga banyak sampah-sampah kecil yang berserakan sehingga mengurangi keindahan pantai Batu Gong ini. Jangan lupa makan es kelapa muda di sini, segaaaaar :) Beberapa penampakan pantai Batu Gong :





Selamat menjalani senin yang ceriaa :)

Saya di Sumbawa Besar?

Image
Hari Jum'at kemarin untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Sumbawa --lagi lagi untuk keperluan dinas. Rasanya sulit dikatakan. Pergi seorang diri dari Jakarta, tiba di Lombok dan langsung dijemput oleh kepala bengkel Daihatsu. Lalu langsung melanjutkan perjalanan ke Sumbawa Besar. Dua jam perjalanan dari Bandar udara International Lombok ke Pelabuhan Kayangan, kemudian dari pelabuhan menaiki ferry yang juga waktu tempuhnya memakan dua jam berlayar, diteruskan perjalanan darat ke Sumbawa Besar. Dan yaa, saya masih di sini sekarang, masih terheran-heran bagaimana bisa saya berada di sini. Dan saya masih harus melewati lima belas hari di sini, semoga banyak cerita menyenangkan :D
Hari ini saya diajak ke pantai Batu Gong, ke pantai Goa, makan 'sepat' yang merupakan makanan khas Sumbawa Besar. Ya, sejauh ini semuanya menyenangkan dan berjalan lancar. Saya samakin jatuh cinta dengan Indonesia, dengan pantainya, dengan alamnya, dengan semua isinya. Merasa sangat bersyuk…

Bangka: sebuah pelarian

Image
[20 - 22 April 2012] Bangka, sebuah pulau yang menyenangkan.
Tiga hari sangat cukup untuk melupakan rutinitas kerja sejenak. Kembali berkumpul dan berlibur bersama keluarga. Langit biru. Pantai yang indah. Kegembiraan. Senyuman. Kuliner yang tiada henti-hentianya. Ah, ini adalah pelarian terindah, sungguh :D









(plat) L - M - N

Image
Jadi ini adalah cerita perjalanan dinas kedua saya ke luar kota. Selalu dua minggu di awal bulan. Surabaya, tempat yang terpilihkan untuk saya kali ini. Tiga team disebar di dealer Surabaya, total sembilan orang. Itu berarti, saatnya bersenang-senang. Ups! Ralat, saatnya bekerja dengan profesional :P

Siklus hidup sebenernya masih tetap sama, berangkat pagi menuju dealer, mendampingi user, ngenet, pulang malem, cari makan sambil jalan-jalan, tidur, dan begitu seterusnya. Bedanya kali ini dengan perasaan yang bebas, tidak bersekat, dan TOTALITAS jiwa saya terus mencari pelarian untuk liburan, 70% :)
Dalam dua minggu yang cukup panjang sekaligus terasa singkat itu, akhirnya saya dan beberapa orang dari team Surabaya sudah mengelilingi tiga kota dalam dua minggu: Surabaya, Madura, Malang.

# 6 April 2012 : Suramadu, Madura, Bebek Sinjay, Pantai Siring Kemuning.
# 8 April 2012 : Batu, Malang, Jawa Timur Park 2, Batu Night Spectacular
# 14 April : Pananjakan, Bromo, Bukit Teletubies, Probol…

Merindu!

Image
Saya benar-benar merindukan semua hal ini: perjalanan. liburan. pantai. langit biru. mamah. papa. ecky. pasir putih. hangatnya mentari. buih ombak. ah, pokoknya semuanya! 

berasumsi

Asumsi: (n) dugaan yang diterima sebagai dasar; landasan berpikir karena dianggap benar.
Kita hidup dalam asumsi masing-masing. Berasumsi si A adalah orang yang kurang baik, berasumsi bahwa hal B wajar dan pantas untuk dilakukan (padahal tidak), berasumsi si C membenci kita. Ya, dan semua itu hanyalah asumsi semata. Bukan sebuah kebenaran. Hanya persepsi subjektif yang muncul dari tiap-tiap kepala manusia. Beda kepala, beda pemikiran.
Yang jadi masalah adalah, kita seringkali berasumsi negatif. Segala dilihat dari kekurangannya, dari keburukannya. Asumsi seperti itu lah yang merusak dan menyesatkan kita. Entahlah, saya mulai lelah untuk terlalu banyak berasumsi. Yaa, setidaknya cari tahu apa yang terjadi sesungguhnya sebelum kita menyimpulkan bahwa ini benar dan itu salah, ini baik dan itu buruk.
Yasudahlah, intinya jangan terlalu banyak berasumsi. Jangan terlalu cepat menyimpulkan. Biasakanlah untuk terus berpikir positif. Selamat malam :)