23 November 2011

"Saya mau pergi dari kota ini secepatnya,
bukan karena saya anak sulung,
tapi saya bosan di sini!
--yaa, paling tidak satu atau dua tahun mendatang!  

Hollywood Nobody

BOTTLESMOKER


16 November 2011

[PR] - Masa-masa indah ketika SMP dulu ..

Siang-siang gini mendadak dikasih PR sama Ayu, buat nulis cerita ketika masa SMP dulu. Yaa, mumpung ngga ada kerjaan marilah kita mengingat kembali masa-masa indah itu :)
Dulu saya sekolah di SMPN 1 Bandung, di jalan Ksatriaan.


1. SMP adalah masa-masa terindah dengan jutaan kegilaan.
Saat SMP dulu, saya punya temen maen namanya 'twophat ', deket karena emang sekelas dari kelas satu sampe kelas dua. Kita punya tempat tongkrongan di depan ruangan kepala sekolah, yang kita namai dengan 'basecamp twophat'. Tiap istirahat atau sepulang sekolah pasti nongkrong di sana sampai sore, dan sepertinya ngga ada yang berani nempatin tempat itu selain anak twophat :D 
Kerjaan di sana adalah? Ngegosip, ngecengin anak basket atau anak karate (karena posisinya sangat strategis), sekedar nongkrong, malahan mau jajan aja kita tinggal teriak dari basecamp (aahh, jadi inget Blacky, mang Agus, sama mang Milkshake!). Di basecamp juga pernah jadi saksi bisu kisah-kisah percintaan anak twophat. Ahh, pokoknya segala cerita ada di sini :3
Sampai sekarang saya sama temen-temen twophat masih sering main, dan sering ketawa-tawa kalo inget semua kejadian jaman SMP ini, semoga pertemanan kita terus berlanjut sampai tua :)


2. Istana Plaza (IP) adalah rumah singgah ketika jam sekolah usai.
Karena lokasi sekolah yang lumayan deket sama mall yang satu itu, saya seriing banget maen ke IP bareng temen-temen SMP. Sekedar window shopping, numpang baca di Gramedia, maen-maen ngga jelas, nontonin orang yang main ice skating, makan-makan (dan seringnya diakhiri dengan ritual nyampurin sisa-sisa makanan, trus nyuruh temen kita makan dengan imbalan dikasih duit, haha jorok!), atau bahkan cuma buat numpang ke WC. Makanya ada istilah IP = Ikut Pipis! 

3. Masa-masanya galau karena ngecengin cowok.
Pertama kali ngerasain cimon sampe dalem banget :")
Punya kecengan yang aweet banget dari kelas satu sampai kelas tiga, beda kelas, tapi ada beberapa mata pelajaran  muatan-lokal yang sama dan barengan, udah gitu kalo pulang arahnya barengan dan sering curi-curi biar bisa seangkot.
Trus gara-gara pernah deket sama kaka kelas jadi dimusuhin beberapa cewek (yang ngecengin si kakak kelas) karena jelas-jelas mereka sirik, muahahaa  Ah, bagian ini enaknya di-skip aja :P


4. Buku curhat, puisi,  dan arisan
Pas kelas tiga, sama temen-temen ceweknya sering banget nulis buku curhat. Ada yang ngisi curhatan, puisi-puisi galau, surat-suratan, lirik lagu, gambar-gambar ngga jelas, dan malah tangga lagu dan cowok-cowok terpopular versi kita juga ada :) 
Gara-gara sering nulis buku curhat, dan gara-gara ada seorang teman bernama tina yang suka nulis puisi-puisi bagus karya penulis-penulis besar, jadilah sejak saat itu saya suka bikin puisi dan meminati dunia sastra :)
Bukunya masih ada di saya, udah sampai volume sekian (lebih dari 3). Dulu saya juga ngelola arisan kelas, tiap minggu dikocok, dan dapet Rp 100,000 (lumayan gede lah pada saat itu) dan dapet bonus cokelat cha-cha yang dibagiin buat sekelas.


5. Paduan Suara dan Olimpiade Matematika 
Pas SMP ini saya ikutan paduan suara dan seringkali ikutan lomba group. Aneh juga kalau dipikir-pikir kenapa dulu bisa masuk paduan suara, padahal suara saya sekarang jelek banget kalo nyanyi :)) Oyaa, kita pernah dapet juara 1 lomba paduan suara se-Bandung raya lho :)
 Selain itu saya sering disuruh ikutan olimpiade matematika, padahal sayanya kadang suka ogah-ogahan dan akhirnya sering ngga menang --paling banter cuma masuk semifinal. Pernah suatu waktu saya kabur ngga ikutan lomba itu, padahal udah dipanggil-panggil lewat pengeras suara di sekolah, hahaa. Dan malu banget ketika ketauan salah satu guru matematika, yang dia tau harusnya saya ikutan olimpiade itu, eeh saya malah keliaran abis main dari BIP (Bandung Indah Plaza). 


Sebenernya masih banyak banget kenangan pas SMP, tapi ntar malah jadi novel kalo diterusin sampe abis :P
PR selanjutnya dikasih untuk mereka-mereka yang lagi pengen mengingat masa-masa SMP nya, boleh lho siapapun dishare ceritanya :)

Tapi ini PR wajib dikerjain sama :
1. Mariana 
2. Dita
Selamat mengingat masa indah kalian :) 

Menara Masjid Agung, Bandung

15 November 2011

Apa yang dicari di dunia?

Apa sih yang dicari di dunia?
iseng, dulu banget saya pernah memasang tweet seperti ini. dan jawaban apa yang saya dapatkan?

"Mati !"
"Harta tahta lelaki dan surga hahahahaha"
"Pahala menuju surga.... :D"
"Bekal menuju akhirat,, aminn"
"Kenikmatan!! kenikmatan dunia akhirat :P"

Ujung-ujungnya semua mengamini kalau yang dicari di dunia ini adalah bekal untuk di akhirat kelak. Dunia ini hanyalah persinggahan sementara yang tidak berlangsung lama untuk persiapan sampai ke akhirat.

Kadang sering kali orang --khususnya saya, terpaku pada tujuan-tujuan duniawi yang sesungguhnya sangat fana: kesenangan, akademik, karier, asmara, kekayaan, jabatan, serta (banyak) urusan-urusan lain yang sepele, namun entah kenapa harus dipermasalahkan (dan diselesaikan bukan dengan cara yang semestinya). Sebenernya yang hilang dari semua ini adalah esensinya, tujuan awalnya, dan niat awalnya. Orang-orang berlomba pingin punya harta yang melimpah. Yang salah itu ketika uangnya didapat dengan cara yang tidak halal, ditimbun di dalam saku sendiri, bukan malah membelanjakan harta itu di jalan-Nya.
Padahal kalau udah mati, apa yang mau dibawa?

Ada banyak perumpamaan akan dunia: 
"Kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan."
"Kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu."
"Wahai Daud, perumpamaan dunia yaitu laksana bangkai di mana anjing-anjing berkumpul mengelilinginya, menyeretnya kian kemari. Apakah engkau senang menjadi seekor anjing, lalu ikut bersama mereka menyeret bangkai itu kian kemari?" (Hadist Qudsi) 

Selagi masih dikasih kesempatan untuk hidup, dan sebelum 'pencarian' di dunia ini berakhir. Sekarang saatnya untuk kembali meluruskan niat, meluruskan tujuan. Semoga semua yang kita lakukan bisa menjadi bekal di akhirat kelak, menjadi ladang amal bukan malah menjadi tambang dosa. Aamiin.
  
# catatan ini ditulis untuk pengingat diri
semoga bisa mengingatkan yang lainnya juga :) 

14 November 2011

Impian

Salah satu impian terbesar saya adalah menjadi penulis. Impian terpendam sejak 10 tahun yang lalu.

Dari jaman smp dulu sampe sekarang udah puluhan draft buku yang terbengkalai, didiamkan, dan tetap tersimpan sebagai DRAFT! Niat besar aja ternyata emang ngga cukup. ACTION, itu yang paling utama.

Banyak orang bilang, jika ingin menjadi penulis yang baik, maka jadilah pembaca yang baik. Nah, ketika saya baca banyak buku karya orang-orang, yang ada saya malah minder buat nulis buku. Begitu banyak buku bagus, dengan isi yang bagus, teknik bercerita yang oke. Sedangkan saya? Rasa-rasanya cuma bisa menulis sekadarnya, ngga ada apa-apanya dibanding mereka.

Tiap kali minta saran sama temen-temen tentang tips menulis, jawabannya selalu sama:
"Tulis aja apa yang kamu pengen tulis, semuanya."
Ada juga yang nyaranin buka word, terus ganti warna tulisan jadi putih, lalu tulis apa yang ada di pikiran kita. Ngga perlu takut salah, ngga perlu takut jelek. Kalo udah beres, ganti tulisannya jadi hitam, baca lagi, dan perbaiki mana yang kurang. Selesai. Masalah bagus atau engganya cerita kita kan relatif. Segala hal pasti ada yang suka ada yang engga.   

Oke, saatnya menulis kembali. Membuka draft-draft lama dan menyelesaikannya secepatnya :)

oiya, makasih buat Dita dan Kak Irfan atas sharingnya yang bikin saya semangat lagi!
Mari menulis~