03 July 2011

Finally :)

Hai halo, rasanya udah lama banget ngga nulis di blog ini. KANGEN! :3

Pengen nulis, tapi selalu dihantui sama dua huruf yang paling menakutkan [lebay ya?]. Efek karena galau jadi mahasiswa tingkat akhir. Kebelet pengen cepet keluar dari kampus gara-gara udah terlalu stress sama jurusan saya. Tapi faktanya apa? Saya terlalu MALES buat ngerjain TA, selalu ditunda-tunda, ngerasa ngga punya deadline, ngerasa ngga dikejar apa-apa. Santai. Target mau lulus 3,5 tahun pun pupus sudah.

Sempet sampe dosen pembimbing 1 nanya, “Kemana aja kamu selama ini?” gara-gara selama nyaris 4 bulan sama sekali ngga ngadep ke beliau buat bimbingan. Dan di lain waktu, dosen pembimbing 2 juga nanya, “Kamu mahasiswa bimbingan saya ya?” itu ketika saya ngajuin perpanjangan SK, dan sekalipun emang belum pernah bimbingan langsung sama beliau, baru nanya-nanya lewat email. Haha, gilaa kan? Mahasiswa macam apa?

Sampai akhirnya baru sadar kalo hampir 1 tahun sudah terlewatkan tanpa ada banyak progress dari TA saya. Kerjaannya cuma maen maen maen, kelayapan, nonton tv kabel, internetan, twitteran, maen game, dan banyak pekerjaan yang sia-sia lainnya. NYESEL? BANGET!! Sejujurnya dari dulu suka malu sendiri ngeliat orang lain rajin bimbingan, rajin konsultasi sama senior, atau antar-temen. Nah saya? Pura-pura masa bodo! Padahal terus kebayang-bayang. Satu hal yang selalu dipikirin ketika mau bimbingan: belum ada progress. Dan ini satu kesalahan fatal, ketika terus ditunda, progress itu ngga akan pernah ada. Masalah terbesar saya yang lain: ngga terlalu bisa coding, dan ngga tau harus minta bantuan ke siapa. Ngga enak kalo harus nyusahin orang. Dan mungkin emang udah didikan dari waktu kecil juga kali yaa, ‘Kerjain aja dulu semuanya semampu kamu, sebisa kamu. Jangan terlalu bergantung sama orang lain’.

Ahh gila, ngerjain TA tuh banyak banget galaunya. Dari mulai gonta-ganti bahasa pemrograman, gonta-ganti data pengujian, stuck buat ngevaluasi sistem. Di saat mandeg, diem lagi, santai lagi. Ketar-ketir pas mau perpanjangan SK, takut ngga di-acc. Kebut-kebutan benerin sistem, pengujian, dan nyelesein buku di H min sekian. Ketar-ketir pas H-1 batas pendaftaran sidang bulan Juni, gara-gara bimbingan masih kurang satu kali dari syarat minimum. Ahh, bener-bener ngga tau apa yg bakal terjadi kalo seandainya ngga bisa ngejar daftar sidang tgl 7 Juni, kemungkinannya harus ngulang TA 1 dan ganti judul dari awal lagi. Banyak pikiran-pikiran jelek dan rasa takut, tapi akhirnya cuma bisa pasrah dan berdoa.

Tapi pertolongan Allah memang begitu dekat. Di saat ada kemauan dan ada usaha, meskipun rasanya pengen banget buat berhenti, nyerah, tapi justru Allah ngelancarin semuanya. Di saat hari terakhir pendaftaran sidang, dari pagi udah mulai ngebener-benerin buku TA lagi sambil tetep galau. Tiba-tiba dosen pembimbing sms jam 8 an, ‘ayoo ke ruanganku, bimbingan sekarang!’. Tanpa mandi [ups!], tanpa sarapan, langsung berangkat ke kampus. Sambil tetep dag dig dug. “Ini kamu gimana, bimbingannya masih kurang.” Saya cuma bisa senyum, pasrah. “Yaudah prasidang nanti jam 2 siang aja yaa! Siapin slide, ntar sekalian prasidang bareng pembimbing 2 kalo beliau ada.” Alhamdulillah. Satu titik terang, dari situ kebut lagi nyelesein buku, bikin slide, ngapalin bahan. Jam setengah 2 ngebut ke kampus karena baru sadar belum bayar sidang, sementara bank di kampus tutup jam 2. Saat prasidang, rasanya semua dilancarin. Pembimbing1 cuma meriksa buku sambil nanya-nanya dari hasil pengujian dan beberapa konsep. Akhirnya dinilai LAYAK buat maju sidang. Ke pembimbing 2, tanpa babibu, beliau meriksa buku dan nanya tentang hasil evaluasi dan langsung tanda tangan persetujuan buat maju sidang. LEGA, Alhamdulillah.

Dan tgl 21 Juni 2011, jam 11 di ruangan F 305B, sidang telah terlaksana. Akhirnya lulus juga. Bener-bener kayak mimpi. Alhamdulillah :) Tak akan pernah cukup rasanya rasa terimakasih ini kepada-Nya. Dia begitu pemurah, penolong, dan Maha baik. Selalu lah percaya, di saat ada usaha dan kemauan, akan selalu ada jalan dan kemudahan yang Allah berikan. Alhamdulillah. .. yeah, dan saya resmi jadi pengangguran sekarang :D

9 comments:

  1. wah selamet ya teh.. :D semoga cepet dapet kerjaan...

    aku kira ngilang kemana gak pernah ngeblog ternyata TA.. :)

    ReplyDelete
  2. hiyaaa TA sampe setahun??.. ckckck itu kalo buat saya udah nitemare.. secara dulu telat satu semester aja udah galau segalau-galaunya deh. *lebay.

    tapi akhirnya lulus juga yak, selamaat selamaaat... ayoo ditunggu maem-maemnyaa :9

    ReplyDelete
  3. @akane: aamiin, makasih yaa :)
    @gaphe: haha, iya gara-gara sering ditunda-tunda itu. tapi akhirnya, semua darah, keringat, dan air mata yang mengucur terbayar sudah *lebay :D

    ReplyDelete
  4. Welcome back kak Mel :)

    Hehe...

    pantes yah udah ratusan tahun blog ini sepi...
    hehe...


    masih inget Aul dong kak?
    (Dijamin nggak. coz sekarang Aul tambah guanteng #PLAKK tambah tinggi #HEHE trus tampilan blognya ganti2 terus)

    Mungkin kak Mel pangling

    hehe

    :D

    ReplyDelete
  5. uwooo.....

    kuwot yang ini deh :
    "...gara-gara selama nyaris 4 bulan sama sekali ngga ngadep ke beliau buat bimbingan..."

    huakakakakka, saya lagi kejebak disitu juga mel! XD

    tapi baru 1.3 bulan :P
    ntahlah, tapi saya emang dari awal emang niat untuk nyantai. ga ada target untuk cepet lulus banget.

    btw, selamat ya!
    tunggu postingan saya soal kelulusan saya ini... ntah kapan. #eaaaaa

    ReplyDelete
  6. sangat mengerti perasaan fresh graduate, ehehe.. nikmati saja dulu jadi pengangguran,, gausah buru2 cari kerjaan. ntar kalo dah kerja malah ga bisa nyante lagi loh :D

    ReplyDelete
  7. selamat mel!ternayta selama ini cuma pura2 ga denger toh hehe..sadar pada waktunya :)

    ReplyDelete
  8. *lihat kalender*
    Duh, sudah lebih dari setahun sejak saya mulai TA saya, belum ada hasil! TT_TT

    ReplyDelete
  9. akhirnya. setelah sekian lama, mbak nulis lagi.
    selamat atas kelulusannya mbak

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kata anda :)