Posts

Showing posts from September, 2010

Cantik itu LUKA?

apa yang terpikirkan ketika mendengar kata cantik? mungkin sebagian besar mengaitkannya dengan perempuan. semua perempuan memang terlahir cantik. hanya saja, definisi tentang cantik itu sendiri berbeda-beda tiap orang. tergantung dari cara pandangnya, tergantung dari sisi mana dia melihat.
mungkin akan ada orang yang mendefinisikan cantik bila seorang perempuan itu berkulit putih, berbadan langsing, berhidung mancung, rambut hitam panjang berkilau. tapi, apa cantik itu hanya milik mereka seja? tentu saja TIDAK!
cantik itu menerima apa yang telah diberikan-Nya, dengan segala lebih dan kurangnya. jangan sampai tergoda dengan pasar, jangan cepat terbuai oleh iklan-iklan produk kecantikan yang dimodelkan oleh sosok perempuan -yang mereka definisikan- supercantik. jangan mau dijadikan komoditas untuk meraup keuntungan. mungkin karena kita telah terbiasa melihat layar kaca berukuran 17 - 29 inch yang seringkali memamerkan perempuan-perempuan berkulit putih, berbadan indah, berhidung mancun…

jodoh itu di tangan Tuhan, maka carilah tangan-Nya agar bertemu jodohmu!

A: mel, aku jadi mau nikah taun ini. kamu doain aku ya :) dia sahabat saya, dia seusia dengan saya, dan dia memutuskan untuk segera menikah di usia muda. B: ngapain sih nikah cepet-cepet? aku masih mau beresin kuliah, cari kerjaan sampai bisa mapan dulu. rasanya aku masih terlalu muda buat mikirin nikah! dia teman saya, dia seusia dengan saya, dan dia memutuskan untuk membangun karir terlebih dahulu. C: pacar udah ngajak ke jenjang lebih serius, kerjaan udah ada, usia udah cukup, tapi rasanya saya masih belum siap buat nikah. dia saudara saya, tiga tahun di atas saya, dan dia masih ragu untuk segera menikah. D: saya terus didesak sama keluarga buat nikah gara-gara usia udah 'kematengan', tapi kalo belum nemu calon yang cocok ya mau gimana? dia kakak (ketemu gede) saya, tujuh tahun di atas saya, dan dia masih belum menemukan jodohnya.
E: dia wanita yang sudah mapan, cantik, pintar, berada, dan berpendidikan tinggi. tapi sampai sekarang belum menikah. dia teman Ibu saya, sudah hampi…

Idul Fitri 1431 H

Image
ucapan yang sedikit terlambat memang, tapi apa boleh buat: SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1431 H, mohon maaf lahir dan bathin :)
Idul Fitri biasanya identik dengan mudik atau pulang kampung, dan mungkin bagi sebagian orang itu merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, atau untuk sebagian yang lain hanya euforia semata?
..dan tiap tahun saya pun melakukan mudik, meski hanya memakan waktu tak lebih dari 45 menit (ini mudik macam apa, cobaa?). Emang nasib, dari lahir sampai sekarang saya hidup di Bandung. Orang tua saya juga. Orangtuanya-orangtua saya yang masih ada pun tinggal di Bandung. Huh! Satu-satunya tempat yang bisa diakui sebagai kampung halaman adalah: Cililin, meski kakek-nenek saya di sana udah ngga ada, tapi masih ada kakaknya Ibu saya. Dan di hari ke-3 lebaran pun kami mendadak pulang kampung, dan bermalam di sana (tetep aja ke Cililin cuma butuh waktu 2 jam, ngga kerasa mudik! hehe)
Tiap kali saya ke Cililin, saya pasti minta dianterin buat liat-liat pem…

Munir, riwayatmu kini

Image
Hari ini genap enam tahun kita kehilangan salah satu aktifis HAM terbaik di Indonesia, Munir S Thalib. Beliau tewas diracun di udara, dibunuh di dalam pesawat ketika dalam perjalanan ke Amsterdam. Dan selama enam tahun ini, kasus pembunuhan itu tak kunjung tuntas. Siapa dalang dari kasus ini masih jadi teka-teki. Si dalang masih bebas. Masih bisa membuat dagelan-dagelan lain. Mungkin saat ini si dalang sibuk berkoar di televisi menjadi narasumber atau sibuk menimbun harta dari keringat rakyat. Siapa yang tahu? Memang benar, keadilan tidak buka kantor cabang di Indonesia.


Hei Pemerintah Indonesia, kalian kemana saja? Sedang sibuk mempromosikan album, ya? Atau sibuk mengurus design gedung baru yang juga dilengkapi kolam renang? Oh.. sibuk meminta maaf pada tetangga serumpun ya walau kita sudah diinjak-injak?
Ahh, rasanya sudah terlalu banyak 'Munir' yang dilupakan. Jangankan kasus Munir, banyak kasus lain seperti kasus Century, rekening tak wajar (gendut) petinggi Polri, kasus …