29 June 2010

bicara tentang masa depan

waktu selalu menyadarkan saya kalau saya bukan lagi remaja belasan tahun. bukan lagi anak ingusan yang hanya berpikir tentang kesenangan, ke-senang-an, keSENANGan, dan kepuasan ego semata. tidak tentang hidup yang masih difasilitasi oleh orang tua. tidak tentang hidup yang harus selalu mengandalkan dan bergantung pada orang lain. dan apapun tentang semuanya yang masih terasa serba mudah..

masa depan menjadi hal penting yang selalu dibicarakan. target dan tujuan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.. buat saya, mungkin target besar yang harus cepat dicapai adalah: lulus cepat (3,5 tahun)! amiiin :)


lulus cepat, lulus tepat waktu, atau lulus pada waktu yang tepat?
lulus cepat dan tepat. yeah!
 
M: pengen lulus cepet aku.
A: mang mau kmn seh mel?

ditanya gitu jujur saya masih bingung. emang mau kemana abis saya lulus S1? beberapa opsi berderet panjang dalam angan-angan saya: antara ngelanjutin ke jenjang yang lebih tinggi, cari kerjaan, bikin usaha sendiri, atau nikah. mana yang paling mungkin?
ngelanjutin S2. minta duit lagi dari orangtua? cari beasiswa? errrrgh~ 
cari kerjaan. sudah siapkah anda berkompetisi dan bertarung di 'kehidupan' yang sengit lagi kejam? heh.
bikin (per)usaha(an). modal darimana? huh.
nikah! helloooo, calonnya aja belum ada!

A: soalnya gini mel, klo seandainya km lulus skrg jg pertanyaannya: km sudah siap perang gk ma org laen? siap kompetisi gak? kalo aku seh sblm lulus mau naikin kapabilitas aku, soft skill aku kyk kepemimpinan. karisma aku di tingkatin, manajemen organisasi, manajemen konflik sampai manajemen forum pun akan selalu aku cba utk di tingkatkan. hehe

yaa, dan saya tahu betul bagaimana keadaan di luar sana yang haus akan kompetisi (dan kompetensi?)
sebenarnnya kalo ditanya siap atau tidak, yaa kita dituntut untuk harus selalu siap. SIAP TAK SIAP HARUS SIAP!

A: sbnrnnya saya agak 'menyesal' jg jd org 'dewasa', soal tau kyk genean.
M: dewasa itu pilihan, menjadi tua itu pasti..
A: tua itu paksaan, dewasa itu pilihan. haha. soalnya kalo liat kebelakang, aku blm membuahkan karya apa-apa mel :( soalnya aku liat tmn aku udh ada yg jd Runner Up Duta Batik Jawa barat, ada yg jd Juara Nasional Debat Logika se Indonesia se Jawa Barat dan Se Pulau Jawa. nah yg jd pertanyaan apa yg sudah saya lakukan? apakah saya sudah berkarya? berkontribusi atau pun yg lainnya.
M: yaah, tapi yg terpenting sih bisa jadi juara buat diri kamu sendiri dan bisa banggain orang tua, kalo buat sempitnya itu udah cukup buat saya.
A: .....

yaa, bagaimana pun, apa pun yang akan terjadi nanti akan coba saya hadapi. siap tidak siap. saya ngga mau lagi bermain-main dengan waktu. saya ngga mau ngecewain dan nyusahin kedua-orang-tua saya dengan berlama-lama duduk di bangku kuliah. saya ..

.. ah

entahlah!

16 June 2010

jeda

hujan di antara keringnya kemarau, dia adalah jeda.
tanda koma di antara deretan huruf dan kata-kata, dia pun adalah jeda.
nafas panjang, keterdiaman, itu pun kusebut jeda.

saya butuh jeda, sejenak saja!!

15 June 2010

saya dan 140 karakter

beberapa jam yang lalu, tiba-tiba ada komentar baru dari mbak wiend ama mbak nda di postingan fiksi mini : pertengkaran sepanjang malam:
"Selamat, Fiksimini karya sahabat menjadi salah satu pemenang di kontes Fiksimini."
WOW, ternyata fiksi mini perdana saya dapet Terbaik 3 dari total peserta yang nyampe 206, sungguh diluar dugaan. Alhamdulillah.. padahal niatnya cuma coba-coba karena baru kali pertama itu saya bikin fiksi mini yang dibatesin cuma 140 karakter :)
seneng deh bisa dapet bukunya Agus Noor yang Sepotong bibir paling Indah didunia + bukunya Tere Liye yang Burlian. dan saya tidak kalah senang karena kontes ini penjuriannya dilakuin langsung sama Pak Agus Noor :)

semoga ini bisa jadi trigger buat saya rajin nulis cerita fiksi lagi ..
buat pengumuman pemenangnya bisa liat di : ~ MereKa & 140 karakter ~

14 June 2010

memori perjalanan ke Santolo dan Sayang Heulang

Mungkin beberapa dari kalian baru denger Pantai Santolo, sebuah pantai yang terletak di daerah Garut Jawa Barat, Desa Mancagahar, Kecamatan Pamempeuk. Tapi jangan ngebayangin kalo pantai ini deket dari kota Garut nya. Salah besar!! Dari Garut kota itu masih sekitar 3-4 jam lagi waktu tempuhnya. kalo mau pake angkutan umum dari Bandung, cukup 2 kali ganti angkutan. dari cicaheum pake bus jurusan Bandung - Pamempeuk. setelah nyampe terminal Pamempeuk, tinggal peke angkot jurusan Pamempeuk - Santolo, dan langsung berhenti di Pantai Santolo. Jalan ke sini udah mulus banget, ngga kayak jalan ke Ujung Genteng yang jalannya bolong-bolong dan berbatu. Kalo ngga salah biayanya cuma 35.000. Buat para backpacker atau yang suka touring, tempat ini cocok deeh. dijamin puas :D

Selain pantai Santolo, di daerah sana juga ada beberapa pantai lain, kayak pantai Sayang Heulang, Ranca Buaya, Sancang, dan beberapa pantai lainnya. Tapi yang paling deket sama Santolo yaa cuma pantai Sayang Heulang. Konon, di pantai Sancang masih sangat kuat tentang mistiknya. Ada cerita kalo di pantai itu banyak banget ikannya dan sangat mudah dipancing, trus kalau ada orang yang ngambil ikan itu berlebihan tanpa terkendali, biasanya besok atau lusa si orang tersebut suka ditemuin tak bernyawa lagi. Wallahualam..

Pantai di sini masih bersih bangeeet, airnya jernih, pasirnya putih, dan banyak karang. saking jernihnya, banyak binatang laut yang keliatan dengan mata telanjang. trus, beberapa meter dari bibir pantai itu terhampar karang, jadinya di pinggiran pantai itu air lautnya cukup tenang. tapi pas ke tengah, wuiih ombaknya besar banget!

Untuk tiket masuk, baik ke Pantai Santolo maupun ke Pantai Sayang Heulang dikenai biaya 3.000/orang. (Santolo ama Sayang Heulang beda pintu masuk, jadi kalo mau ke 2 pantai itu bayarnya harus double). Masalah penginepan, di Santolo dan di Sayang Heulang banyak penginepan yang murah meriah. Harga normalnya di kisaran 75.000-300.000. tapi kalo lagi beruntung, ngga jarang juga sih bisa dapet penginepan hanya dengan 50.000 aja :)

Saya sendiri waktu itu nginepnya di Sayang Heulang, keluar malem-malem udah sepi banget. penerangan di sini masih kurang, sumber penerangan cuma dari penginepan dan warung-warung. Serasa lagi terdampar di pulau tak berpenghuni, dan serasa pantai milik pribadi deh :)

Kalo ke Sayang Heulang, jangan lupa cari mata lembu, sejenis kerang laut. disebut mata lembu soalnya warnanya putih bulat, kira-kira sebesar mata lembu. Enak deh, meskipun tampilannya agak-agak 'nasty'. berkhasiat buat penambah stamina juga..

masa liburan sebentar lagi kaan, siapa tau bisa jadi alternatif liburan kalian :))
.. dan ini beberapa foto yang saya ambil pas liburan ke sana:

11 June 2010

20+1


.. it's finally here, 
first day of being 21!

08 June 2010

JEJAK-LANGKAH

kaki-kaki itu memang harus terus melangkah.
sekedar datang lantas kemudian pergi,
singgah ke tempat satu dan kemudian berlabuh lagi di tempat lain.

.. dan yang datang bisa dengan mudah pergi,
dengan dan atau tanpa jejak!

02 June 2010

pangandaran beach .

Pasir putih, deburan ombak, matahari terbit, pantai ..
akhirnya aku kembali mencumbuimu!
=)