15 September 2010

jodoh itu di tangan Tuhan, maka carilah tangan-Nya agar bertemu jodohmu!

A: mel, aku jadi mau nikah taun ini. kamu doain aku ya :)
dia sahabat saya, dia seusia dengan saya, dan dia memutuskan untuk segera menikah di usia muda.
B: ngapain sih nikah cepet-cepet? aku masih mau beresin kuliah, cari kerjaan sampai bisa mapan dulu. rasanya aku masih terlalu muda buat mikirin nikah!
dia teman saya, dia seusia dengan saya, dan dia memutuskan untuk membangun karir terlebih dahulu.
C: pacar udah ngajak ke jenjang lebih serius, kerjaan udah ada, usia udah cukup, tapi rasanya saya masih belum siap buat nikah.
dia saudara saya, tiga tahun di atas saya, dan dia masih ragu untuk segera menikah.
D: saya terus didesak sama keluarga buat nikah gara-gara usia udah 'kematengan', tapi kalo belum nemu calon yang cocok ya mau gimana?
dia kakak (ketemu gede) saya, tujuh tahun di atas saya, dan dia masih belum menemukan jodohnya.
E: dia wanita yang sudah mapan, cantik, pintar, berada, dan berpendidikan tinggi. tapi sampai sekarang belum menikah.
dia teman Ibu saya, sudah hampir kepala lima, dan sampai sekarang dia masih belum menemukan jodohnya.

saya percaya: jodoh itu ditangan Tuhan, maka carilah tangan-Nya untuk bertemu jodohmu! trus cari tangan Tuhan dimana? cari dengan doa dan usaha, cari ridha-Nya :)
dan jodoh tetap jadi misteri untuk semua orang. ngga ada satu pun yang tahu algoritma untuk menemukan jodoh. kecantikan, harta yang melimpah, jabatan, pendidikan yang tinggi ngga bisa membeli jodoh!

kalo boleh diumpamakan, jodoh itu ibarat seperti kita menunggu bus di sebuah halte: tidak pernah tau datangnya kapan, dari arah mana, dan bus seperti apa yang akan datang. ketika bus pertama datang dan terlihat kurang bagus serta tidak ber-AC, kita memutuskan untuk naik bus yang berikutnya. Saat bis berikutnya datang, ternyata bus itu penuh sesak orang-orang. Saat ada bus bagus dan ber-AC datang, eh bus itu malah meluncur seenaknya, tidak melihat keberadaan kita. Terkadang kita pun harus menunggu lama kedatangan bus berikutnya. Hingga akhirnya kita naik bus yang melintas di depan mata, ngga peduli kondisi bus tersebut. Setelah bus meluncur, kita baru sadar kalau kita salah jurusan dan harus berhenti di halte berikutnya untuk kembali menunggu bus yang tepat. terlalu pilih-pilih kadang ngga bagus. mungkin yang terpenting adalah: bus itu bisa bawa kita ke tempat tujuan dengan selamat, dan kita nyaman duduk di dalamnya. sedangkan nikah itu ibarat shalat (seperti yang teman saya katakan): harus disegerakan tapi masih ada waktu tenggang untuk menjalankannya.

11 comments:

  1. setujuu.. hehe..
    lumayan penyegaran di malam hari mel
    keep posting beb :)

    ReplyDelete
  2. :)
    lepaskan kacamata kudanya,
    buka segala macam pintu yang bisa membiarkan cinta untuk masuk :D

    ReplyDelete
  3. @zii_zee: haha, oke yu :D

    @sayakamukalian: saatnya buka hati, ta :)
    hancurkan segala tembok yg menghalangi!

    ReplyDelete
  4. jodoh ditangan tuhan, tapi tetep ngejemput dari tangan tuhan pake usaha

    ikhtiar, usaha dan tawakkal

    ReplyDelete
  5. hmmm,johan, jodoh di tangan Tuhan :D
    Smoga dpt jodoh yg bisa bawa ke tempat tujuan dan selamat mel :)
    nice post.

    ReplyDelete
  6. hwaaaa,,,postingan yang menarik banget...
    jodoh bisa datang di saat yang terduga...bisa saja datang pada saat kondisi terburuk....

    happy blogging

    ReplyDelete
  7. Jodoh memang ditangan Tuhan bu...tapi kalo nggak ada usaha kayaknya ngga akan datang sendiri :). Boleh protes dikit ngga ? kalau jodoh ibarat menunggu di halte bus, bukankah kita sudah tau kalau bus yg datang sudah pasti dari arah kanan, lagipula kalau kita menunggu bus di halte pastinya juga kita tahu sedang menunggu bus seperti apa? nomer berapa? jurusan mana ? kecuali kita tidak tahu mau kemana atau bila diibaratkan menunggu jodoh kita pasrah aja, terserah datangnya yang kayak gimana...yangt dateng duluan embat ! hehehe...sorry lagi usil alias sok protes..hehe

    ReplyDelete
  8. @empe : pasti itu :)
    @ucil : amiiin amiiin :)
    @riesta : iya, jodoh adalah misteri.
    @noor : hehe, makasih atas koreksinya bang. mungkin kondisinya ketika kita ngga familiar dengan halteunya, ngga tau lagi di daerah mana, cuma tau mau kemana :D *ngeles!

    ReplyDelete
  9. jodoh itu memang ditangan Tuhan dan agar tangan tuhan itu terbuka bwt ngasih jodohnya,kita hrs usaha. tetapi, sy msh bingung cara nyata seperti apa agar dpt jodoh yg cocok??sy selalu membatin tp g pernah nemu jwbannya. T_T

    ReplyDelete
  10. yaa, cuma usaha, doa, dan ikhtiar yang kita bisa lakuin. selanjutnya biar tangan Tuhan yang mengatur :)

    ReplyDelete
  11. boleh di copy paste n d share buat yang lain kan?mohon izin nya...thank

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kata anda :)