16 September 2010

Cantik itu LUKA?

apa yang terpikirkan ketika mendengar kata cantik? mungkin sebagian besar mengaitkannya dengan perempuan. semua perempuan memang terlahir cantik. hanya saja, definisi tentang cantik itu sendiri berbeda-beda tiap orang. tergantung dari cara pandangnya, tergantung dari sisi mana dia melihat.

mungkin akan ada orang yang mendefinisikan cantik bila seorang perempuan itu berkulit putih, berbadan langsing, berhidung mancung, rambut hitam panjang berkilau. tapi, apa cantik itu hanya milik mereka seja? tentu saja TIDAK!

cantik itu menerima apa yang telah diberikan-Nya, dengan segala lebih dan kurangnya. jangan sampai tergoda dengan pasar, jangan cepat terbuai oleh iklan-iklan produk kecantikan yang dimodelkan oleh sosok perempuan -yang mereka definisikan- supercantik. jangan mau dijadikan komoditas untuk meraup keuntungan. mungkin karena kita telah terbiasa melihat layar kaca berukuran 17 - 29 inch yang seringkali memamerkan perempuan-perempuan berkulit putih, berbadan indah, berhidung mancung, berparas menawan, sehingga mindset kita tentang cantik pun terbentuk dengan sendirinya. padahal mereka sedang memperdaya kita agar menerima dengan mentah definisi cantik menurut mereka, tujuannya apa? ya agar barang dagangan mereka laku. agar perempuan-perempuan yang terlahir tidak putih berlomba-lomba memakai produk pemutih. agar perempuan-perempuan yang terlahir kurang langsing berlomba-lomba memakai produk pelangsing. jika kita terlahir kurang putih dan kurang langsing, apakah salah? tentu saja TIDAK!

jadilah diri sendiri, bersyukur dengan apa yang telah diberikan Tuhan. Dia menciptakan kita dengan sebaik-baiknya. sadar ngga, kekurangan itu justru adalah 'pelindung' untuk pemiliknya. ketika perempuan-perempuan supercantik selalu digoda dan menjadi sasaran 'permainan' lelaki atau bahkan dijadikan sebagai sebuah komoditi pasar, bersyukurlah menjadi wanita yang tidak se-supercantik mereka, karena masih diberikan kelenggangan, diberika perlindungan oleh-Nya.

jika kamu ngerasa cantik akan membawa bahagia, jawabannya ngga selalu. dengan tidak terlalu cantik pun kita masih bisa tetap bahagia. karena kebahagiaan bisa datang dari mana saja. justru malah cantik bisa membawa luka. saya mengingat sebuah tulisan, "Cantik itu banyak didamba perempuan. tapi, cantik juga bisa membawa luka. luka bagi orang yang memiliki wajah cantik itu. juga orang-orang di dekat si cantik itu."

maka, jadilah diri kamu apa adanya, selalu bersyukur! itu akan membuatmu bertambah cantik. "you're beautiful no matter who you are"

9 comments:

  1. saya tidak cantik... tapi ganteng *plaaak.* buru-buru ngabur dilempar sendal..

    Cantik itu anugerah, tapi bagaimana cara yang dianugerai itu menggunakannya menentukan seberapa cantik hatinya

    ReplyDelete
  2. setuju sama gaphe.
    "Cantik itu anugerah, tapi bagaimana cara yang dianugerahi itu menggunakannya menentukan seberapa cantik hatinya"

    ReplyDelete
  3. cantik,,,sesuatu yang relatif,,,,
    tergantung dari mana kita memandangnya...

    ReplyDelete
  4. setuju ma riesta...
    cantik itu relatif mbak...
    tergantung dari yang melihatnya...

    ReplyDelete
  5. hm ya emang manusia itu lebih baek jadi diri sendiri. syukuri apa yang telah ada di dalam diri kita. ^^

    ReplyDelete
  6. betul ama yg diatas-atas sn.
    cantik memang relatif.mnrt sy wanita yg cantik tu wanita yg sederhana.

    ReplyDelete
  7. untuk semua: iyaa semuanya juga pasti mengamini kalo cantik itu adalah anugrah, dan cantik itu juga relatif.
    tapi yang saya sorotin adalah, definisi cantik yang dibentuk oleh mereka-mereka yang menjadikan perempuan sebagai KOMODITAS PASAR untuk meraup keuntungan :D

    ReplyDelete
  8. Cantik i2 ketika kita tersenyum pada org laen... n mereka mrsa bhgia dgn senyuman i2.. ^_^

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kata anda :)