03 July 2010

tentang KP dan cerita saat wawancara

liburan kali ini (harus) saya isi dengan Kerja Praktek (KP) dengan beban 4 SKS..
awalnya saya dan kedua teman saya ngajuin proposal KP secara kelompok ke Indosat dan Alhamdulillah diterima, tapi.. akhirnya kami terpisah juga. 2 temen saya ditempatin di bagian HRD, sedangkan saya ditempatin di bagian Marketing sendirian. untungnya ada anak sekampus tapi beda jurusan yang KP di Indosat juga dan ditempatin di bagian yang sama.
hari pertama KP sungguh hari yang berat buat saya.
datang jam 07.30 seperti yang diharuskan. saya dan teman saya disuruh menunggu sama security bagian Marketing, karena mentornya belum dateng. 15 menit berlalu, tak juga beliau datang. 30 menit. 1 jam. beliau tak kunjung datang. dan beberapa menit kemudian seorang wanita menghampiri kami, hanya berucap "tunggu sebentar yaa!"
lantas wanita itu pergi lagi meninggalkan kami.
baiklah, lagi-lagi saya harus menunggu. lantas akhirnya kami diberitahu kalo mentor kami --yang  tadi menghampiri kami sesaat-- sedang meeting, dan entah selesai kapan, bisa sampai siang, bisa sampai sore, ngga bisa diprediksi.
intinya, hari pertama KP saya habiskan dengan 4 jam menunggu + kurang dari 0,5 jam bercakap-cakap dengan mentor. kemudian saya diperbolehkan pulang saat itu juga, karena ternyata kerjaan kami terjun langsung ke lapangan, melakukan survey ke outlet dan ke end user. agak ngga nyambung sih sama jurusan saya -informatika, tapi buat temen saya yang anak teknik industri masih bisa sejalan. mau gimana lagi?

hari kedua saya datang jam 09.00, briefing dengan mentor beberapa menit dan kemudian pergi lagi untuk melakukan survey outlet. saya berbagi tugas dengan teman saya untuk berbagi wilayah yang harus disurvey, jadilah kami melakukannya masing-masing (seorang diri).

ada yang menarik ketika melakukan wawancara dengan frontliner dari beberapa outlet, saat saya meluncurkan pertanyaan: jika ada program yang ditawarkan oleh operator, hadiah apa yang menarik menurut anda untuk mengikutinya?
ada yang berpikir agak lama, separuhnya dengan lantang menjawab 'ngga ada', 'ngga pernah ada yang dapet ah', padahal saya selalu nyeletuk 'mobil, motor, hp, atau apa gitu?'
yaa, dan nampaknya mereka sudah lebih realistis, mereka sudah lagi tak tertarik dengan hadiah-hadiah atau undian-undian omong kosong yang sebenarnya memang dikuras juga dari uang kita --atau dalam hal ini jika program dari operator pastilah akan menguras pulsa kita--, hadiah-hadiah yang kita tabung untuk kemudian diberikan kepada beberapa orang beruntung yang diatasnamakan dari perusahaan penyelenggara undian. begitu?
barangkali begitu.

11 comments:

  1. Sukses buat kerja prakteknya :) KLo aq seh, mo hadiah laptop aple machintosh, cieeee, boro boro, :)) Salam sobat :)

    ReplyDelete
  2. @ gaelby, riesta, wawank: iyaa makasih. harus semangat! :D

    @ ucil: bandung, cil. ucil di indosat yaa?

    ReplyDelete
  3. semoga sukses dech dengan kp nya

    ReplyDelete
  4. Tul tuh, seblas duablas ma gambling...
    Oia, makasih dah mw bknjung. keep in touch y. skalian q follow..

    ReplyDelete
  5. baru mo nanya indosat mana?? eh uda ditanya ucil dan uda dijawab juga sama mel, hehehe..
    gag jadi nanya klo begituu :p

    *jikalau mel KP bukan di indosat bandung sudah dipastikan kita akan bertemu :))

    ReplyDelete
  6. adikku jg lg KP..
    semangat ya KPnya!
    foto2nya gampang nanti aj.
    :p

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kata anda :)