14 June 2010

memori perjalanan ke Santolo dan Sayang Heulang

Mungkin beberapa dari kalian baru denger Pantai Santolo, sebuah pantai yang terletak di daerah Garut Jawa Barat, Desa Mancagahar, Kecamatan Pamempeuk. Tapi jangan ngebayangin kalo pantai ini deket dari kota Garut nya. Salah besar!! Dari Garut kota itu masih sekitar 3-4 jam lagi waktu tempuhnya. kalo mau pake angkutan umum dari Bandung, cukup 2 kali ganti angkutan. dari cicaheum pake bus jurusan Bandung - Pamempeuk. setelah nyampe terminal Pamempeuk, tinggal peke angkot jurusan Pamempeuk - Santolo, dan langsung berhenti di Pantai Santolo. Jalan ke sini udah mulus banget, ngga kayak jalan ke Ujung Genteng yang jalannya bolong-bolong dan berbatu. Kalo ngga salah biayanya cuma 35.000. Buat para backpacker atau yang suka touring, tempat ini cocok deeh. dijamin puas :D

Selain pantai Santolo, di daerah sana juga ada beberapa pantai lain, kayak pantai Sayang Heulang, Ranca Buaya, Sancang, dan beberapa pantai lainnya. Tapi yang paling deket sama Santolo yaa cuma pantai Sayang Heulang. Konon, di pantai Sancang masih sangat kuat tentang mistiknya. Ada cerita kalo di pantai itu banyak banget ikannya dan sangat mudah dipancing, trus kalau ada orang yang ngambil ikan itu berlebihan tanpa terkendali, biasanya besok atau lusa si orang tersebut suka ditemuin tak bernyawa lagi. Wallahualam..

Pantai di sini masih bersih bangeeet, airnya jernih, pasirnya putih, dan banyak karang. saking jernihnya, banyak binatang laut yang keliatan dengan mata telanjang. trus, beberapa meter dari bibir pantai itu terhampar karang, jadinya di pinggiran pantai itu air lautnya cukup tenang. tapi pas ke tengah, wuiih ombaknya besar banget!

Untuk tiket masuk, baik ke Pantai Santolo maupun ke Pantai Sayang Heulang dikenai biaya 3.000/orang. (Santolo ama Sayang Heulang beda pintu masuk, jadi kalo mau ke 2 pantai itu bayarnya harus double). Masalah penginepan, di Santolo dan di Sayang Heulang banyak penginepan yang murah meriah. Harga normalnya di kisaran 75.000-300.000. tapi kalo lagi beruntung, ngga jarang juga sih bisa dapet penginepan hanya dengan 50.000 aja :)

Saya sendiri waktu itu nginepnya di Sayang Heulang, keluar malem-malem udah sepi banget. penerangan di sini masih kurang, sumber penerangan cuma dari penginepan dan warung-warung. Serasa lagi terdampar di pulau tak berpenghuni, dan serasa pantai milik pribadi deh :)

Kalo ke Sayang Heulang, jangan lupa cari mata lembu, sejenis kerang laut. disebut mata lembu soalnya warnanya putih bulat, kira-kira sebesar mata lembu. Enak deh, meskipun tampilannya agak-agak 'nasty'. berkhasiat buat penambah stamina juga..

masa liburan sebentar lagi kaan, siapa tau bisa jadi alternatif liburan kalian :))
.. dan ini beberapa foto yang saya ambil pas liburan ke sana:

15 comments:

  1. huah ! pantai !

    nice post, gan :P

    ReplyDelete
  2. wahhh..kerenn.
    bisa jd next tripku nih

    ReplyDelete
  3. bener-bener Indonesia memiliki kekayaan keindahan alam yang hampir sempurna, apalagi dengan sentuhan lensa mbak melia ini, sungguh jadi tambah indah.
    ::Salam Hangat::

    ReplyDelete
  4. -_- huhuuhuhuu..liburannnnn..mmm
    Pamempeuk = aku kira Mpek-mpek...
    heheheheheehe

    ReplyDelete
  5. gila ni pantai ga ada duanya emang mel

    ReplyDelete
  6. aahh..pantai lagi pantai lagi...pengenn ke pantaiii >.<

    sumpah keren bgd yg ini mel..

    ReplyDelete
  7. izin follow blog....

    visit also my blog: http://achan-side.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. bagus postingannya.

    ini gw banged, backpacker....
    ane pernah kesana, tp ga berhenti, cuma lewat doang setelah dari pangandaran n Green Canyon Cijulang. Jd nyesel dweh....hiks.

    ReplyDelete
  9. huah asiknya
    kapan ya aku kesana..
    pengen

    ReplyDelete
  10. wah fotonya keren2.. Jadi tertarik langsung ng shot kesana.. :D

    ReplyDelete
  11. parah parah parah,, keren bangettt :)

    ReplyDelete
  12. kmren saya ksana mel sama temen,, jadi g bgitu bego setelah baca post ini,, hehe nhun yaaa.. :D

    ReplyDelete
  13. RECAPPED ON MY DESTINATION LIST. TQ

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kata anda :)