29 June 2010

bicara tentang masa depan

waktu selalu menyadarkan saya kalau saya bukan lagi remaja belasan tahun. bukan lagi anak ingusan yang hanya berpikir tentang kesenangan, ke-senang-an, keSENANGan, dan kepuasan ego semata. tidak tentang hidup yang masih difasilitasi oleh orang tua. tidak tentang hidup yang harus selalu mengandalkan dan bergantung pada orang lain. dan apapun tentang semuanya yang masih terasa serba mudah..

masa depan menjadi hal penting yang selalu dibicarakan. target dan tujuan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.. buat saya, mungkin target besar yang harus cepat dicapai adalah: lulus cepat (3,5 tahun)! amiiin :)


lulus cepat, lulus tepat waktu, atau lulus pada waktu yang tepat?
lulus cepat dan tepat. yeah!
 
M: pengen lulus cepet aku.
A: mang mau kmn seh mel?

ditanya gitu jujur saya masih bingung. emang mau kemana abis saya lulus S1? beberapa opsi berderet panjang dalam angan-angan saya: antara ngelanjutin ke jenjang yang lebih tinggi, cari kerjaan, bikin usaha sendiri, atau nikah. mana yang paling mungkin?
ngelanjutin S2. minta duit lagi dari orangtua? cari beasiswa? errrrgh~ 
cari kerjaan. sudah siapkah anda berkompetisi dan bertarung di 'kehidupan' yang sengit lagi kejam? heh.
bikin (per)usaha(an). modal darimana? huh.
nikah! helloooo, calonnya aja belum ada!

A: soalnya gini mel, klo seandainya km lulus skrg jg pertanyaannya: km sudah siap perang gk ma org laen? siap kompetisi gak? kalo aku seh sblm lulus mau naikin kapabilitas aku, soft skill aku kyk kepemimpinan. karisma aku di tingkatin, manajemen organisasi, manajemen konflik sampai manajemen forum pun akan selalu aku cba utk di tingkatkan. hehe

yaa, dan saya tahu betul bagaimana keadaan di luar sana yang haus akan kompetisi (dan kompetensi?)
sebenarnnya kalo ditanya siap atau tidak, yaa kita dituntut untuk harus selalu siap. SIAP TAK SIAP HARUS SIAP!

A: sbnrnnya saya agak 'menyesal' jg jd org 'dewasa', soal tau kyk genean.
M: dewasa itu pilihan, menjadi tua itu pasti..
A: tua itu paksaan, dewasa itu pilihan. haha. soalnya kalo liat kebelakang, aku blm membuahkan karya apa-apa mel :( soalnya aku liat tmn aku udh ada yg jd Runner Up Duta Batik Jawa barat, ada yg jd Juara Nasional Debat Logika se Indonesia se Jawa Barat dan Se Pulau Jawa. nah yg jd pertanyaan apa yg sudah saya lakukan? apakah saya sudah berkarya? berkontribusi atau pun yg lainnya.
M: yaah, tapi yg terpenting sih bisa jadi juara buat diri kamu sendiri dan bisa banggain orang tua, kalo buat sempitnya itu udah cukup buat saya.
A: .....

yaa, bagaimana pun, apa pun yang akan terjadi nanti akan coba saya hadapi. siap tidak siap. saya ngga mau lagi bermain-main dengan waktu. saya ngga mau ngecewain dan nyusahin kedua-orang-tua saya dengan berlama-lama duduk di bangku kuliah. saya ..

.. ah

entahlah!

18 comments:

  1. hohohoho,,,
    itulah sebabnya aku milih kuliah di tempat yang langsung dapat kerja....

    alhamdulillah skarang udah kerja...
    ^_^

    ReplyDelete
  2. setuju,...suka bgt alinea penutupnya,optimis ^^

    selamat malam mel...

    ReplyDelete
  3. lulus dulu aja, mel :D
    semangat !!!

    ReplyDelete
  4. itu juga yang selalu ada di pikiran gw selama ini...

    jadi bingung sendiri mikirnya...

    sampe2 dah smster 9 tapi blum ada tanda2 kapan mo selesai,,,,

    ReplyDelete
  5. nikah sama aku aja yah? ahahahha.. :P

    ReplyDelete
  6. Bisa membuat bangga orang tua, wah...bagus tuh ! kelihatan kalau non Mel adalah anak berbakti...:)

    salam hangat & sehat selalu...

    ReplyDelete
  7. keren... super bgt tulisannya...

    ReplyDelete
  8. semangat dah,,,
    met malam, umy berkunjung

    ReplyDelete
  9. kita memang harus meninggalkan zona aman yg nyaman yaitu orang tua yg selalu memberikan ap yg jita maui... kita menjadi orang dewasa yg pastinya akan berganti memberikan zona aman nyaman buat anak2 kita sendiri..^^
    menjadi dewasa... SEMANGAT!!!!!

    ReplyDelete
  10. "yaa, bagaimana pun, apa pun yang akan terjadi nanti akan coba saya hadapi. siap tidak siap. saya ngga mau lagi bermain-main dengan waktu. saya ngga mau ngecewain dan nyusahin kedua-orang-tua saya dengan berlama-lama duduk di bangku kuliah. saya .. "

    YupZzz.... setuju.... ^^

    ReplyDelete
  11. wiiiww mel juara deh kalo merangkai kata hahhaha dan saya sepertinya kenal gaya bahasa si A ;))

    ReplyDelete
  12. Mudah2an targetnya bisa tercapai

    ReplyDelete
  13. Salam kenal..!!

    Lain kali low cerita tentang masa depan, pnggil aku dulu..!!

    Kita gapai bersama..!

    ReplyDelete
  14. saya setuju dengan..

    lulus pada waktu yang tepat :D

    berusaha aja sebaik mungkin, ntar dikasih lulus kapan ya pasrah aja :D

    ReplyDelete
  15. hmm klo kata aku mel..masalah lulus cepet itu harus..masalah siap g siap hrs siap...soalnya mo liat ntar dunia kerja mah itu lbh bnyak k hoky kita msing2...seengganya meski kita gtau kita dpt kerjaan apapun..tp pas kuliah kita lakukan hal yg terbaik..yaitu kuliah yg bener dan bharap cepet lulus biar g nyusahin orang tua...

    ReplyDelete
  16. aku mau ke stan ato stis ato stsn biar kuliah nya nti langsung dapet kerja. en sekarang harus belajar lebih giat biar aku bisa kesana. en gak nyusahin ortu age. :D

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kata anda :)