Posts

Showing posts from 2010

Labuhan

Akhirnya, membuku-digitalkan beberapa tulisan lama : Labuhan. yang mau baca bisa download di http://bit.ly/eXHSB4 Terimakasih :)

Semoga berkenan, testimoninya juga ditunggu ♥

cin--TA

" Saya rindu menulis di sini.
Rindu menulis dengan bebas.
Tanpa ada dia,
yang selalu cemburu,
karena sering diabaikan,
dan meminta terus dicumbui,
si Tugas Akhir. "

Idealis Pemimpi

ini hasil dari test http://www.ipersonic.com/id/

Tipe Idealis Pemimpi sangat berhati-hati dan oleh karenanya tampak pemalu dan pendiam bagi orang lain. Mereka berbagi kehidupan emosional mereka yang kaya serta pendapat-pendapat kuat mereka dengan sedikit sekali orang. Namun orang sering keliru menilai mereka dingin dan pendiam. Mereka memiliki sistem nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang murni dan mulia yang menonjol di dalam diri mereka yang demi hal-hal itu mereka bersedia mengorbankan banyak hal. Joan of Arc atau Sir Galahad adalah contoh tipe kepribadian ini. Tipe Idealis Pemimpi selalu berusaha keras memperbaiki dunia. Mereka dapat sangat memikirkan orang lain dan melakukan banyak hal untuk mendukung mereka dan membela mereka. Mereka tertarik dengan sesama mereka, penuh perhatian dan murah hati terhadap mereka. Begitu antusiasme mereka akan suatu hal atau orang bangkit, mereka dapat menjadi pejuang yang tak kenal lelah.
Bagi tipe Idealis Pemimpi, hal-hal praktis tidak benar-benar…

Menjadi pendengar yang baik

A : "M, katanya mau cerita.. ayoo cerita. gimana, gimana?" [antusias]
M : [mulai bercerita]
.. beberapa saat kemudian, di tengah-tengah percakapan .. A : "Aku juga pernah lho..." [memotong begitu saja dan mulai bercerita]
.. dan akhirnya si A terus bercerita panjang lebar, meluap-luap, hingga dia lupa bagaimana cara mendengarkan orang lain.

Painting a bedroom wall :)

Image

the S.I.G.I.T

Image

Cantik itu LUKA?

apa yang terpikirkan ketika mendengar kata cantik? mungkin sebagian besar mengaitkannya dengan perempuan. semua perempuan memang terlahir cantik. hanya saja, definisi tentang cantik itu sendiri berbeda-beda tiap orang. tergantung dari cara pandangnya, tergantung dari sisi mana dia melihat.
mungkin akan ada orang yang mendefinisikan cantik bila seorang perempuan itu berkulit putih, berbadan langsing, berhidung mancung, rambut hitam panjang berkilau. tapi, apa cantik itu hanya milik mereka seja? tentu saja TIDAK!
cantik itu menerima apa yang telah diberikan-Nya, dengan segala lebih dan kurangnya. jangan sampai tergoda dengan pasar, jangan cepat terbuai oleh iklan-iklan produk kecantikan yang dimodelkan oleh sosok perempuan -yang mereka definisikan- supercantik. jangan mau dijadikan komoditas untuk meraup keuntungan. mungkin karena kita telah terbiasa melihat layar kaca berukuran 17 - 29 inch yang seringkali memamerkan perempuan-perempuan berkulit putih, berbadan indah, berhidung mancun…

jodoh itu di tangan Tuhan, maka carilah tangan-Nya agar bertemu jodohmu!

A: mel, aku jadi mau nikah taun ini. kamu doain aku ya :) dia sahabat saya, dia seusia dengan saya, dan dia memutuskan untuk segera menikah di usia muda. B: ngapain sih nikah cepet-cepet? aku masih mau beresin kuliah, cari kerjaan sampai bisa mapan dulu. rasanya aku masih terlalu muda buat mikirin nikah! dia teman saya, dia seusia dengan saya, dan dia memutuskan untuk membangun karir terlebih dahulu. C: pacar udah ngajak ke jenjang lebih serius, kerjaan udah ada, usia udah cukup, tapi rasanya saya masih belum siap buat nikah. dia saudara saya, tiga tahun di atas saya, dan dia masih ragu untuk segera menikah. D: saya terus didesak sama keluarga buat nikah gara-gara usia udah 'kematengan', tapi kalo belum nemu calon yang cocok ya mau gimana? dia kakak (ketemu gede) saya, tujuh tahun di atas saya, dan dia masih belum menemukan jodohnya.
E: dia wanita yang sudah mapan, cantik, pintar, berada, dan berpendidikan tinggi. tapi sampai sekarang belum menikah. dia teman Ibu saya, sudah hampi…

Idul Fitri 1431 H

Image
ucapan yang sedikit terlambat memang, tapi apa boleh buat: SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1431 H, mohon maaf lahir dan bathin :)
Idul Fitri biasanya identik dengan mudik atau pulang kampung, dan mungkin bagi sebagian orang itu merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, atau untuk sebagian yang lain hanya euforia semata?
..dan tiap tahun saya pun melakukan mudik, meski hanya memakan waktu tak lebih dari 45 menit (ini mudik macam apa, cobaa?). Emang nasib, dari lahir sampai sekarang saya hidup di Bandung. Orang tua saya juga. Orangtuanya-orangtua saya yang masih ada pun tinggal di Bandung. Huh! Satu-satunya tempat yang bisa diakui sebagai kampung halaman adalah: Cililin, meski kakek-nenek saya di sana udah ngga ada, tapi masih ada kakaknya Ibu saya. Dan di hari ke-3 lebaran pun kami mendadak pulang kampung, dan bermalam di sana (tetep aja ke Cililin cuma butuh waktu 2 jam, ngga kerasa mudik! hehe)
Tiap kali saya ke Cililin, saya pasti minta dianterin buat liat-liat pem…

Munir, riwayatmu kini

Image
Hari ini genap enam tahun kita kehilangan salah satu aktifis HAM terbaik di Indonesia, Munir S Thalib. Beliau tewas diracun di udara, dibunuh di dalam pesawat ketika dalam perjalanan ke Amsterdam. Dan selama enam tahun ini, kasus pembunuhan itu tak kunjung tuntas. Siapa dalang dari kasus ini masih jadi teka-teki. Si dalang masih bebas. Masih bisa membuat dagelan-dagelan lain. Mungkin saat ini si dalang sibuk berkoar di televisi menjadi narasumber atau sibuk menimbun harta dari keringat rakyat. Siapa yang tahu? Memang benar, keadilan tidak buka kantor cabang di Indonesia.


Hei Pemerintah Indonesia, kalian kemana saja? Sedang sibuk mempromosikan album, ya? Atau sibuk mengurus design gedung baru yang juga dilengkapi kolam renang? Oh.. sibuk meminta maaf pada tetangga serumpun ya walau kita sudah diinjak-injak?
Ahh, rasanya sudah terlalu banyak 'Munir' yang dilupakan. Jangankan kasus Munir, banyak kasus lain seperti kasus Century, rekening tak wajar (gendut) petinggi Polri, kasus …

ketersekejapan

Image
sore itu hujan turun dengan angkuhnya.
sepanjang jalan asia afrika - buah batu saya justru menari-nari di bawahnya. berkejaran dengan angin sambil menyenandungkan rasa kesal yang sedang menjadi.
dan ketika tiba di rumah, apa yang saya dapat?
pelangi menampakan warnanya. begitu mempesona! tapi saya sadar betul pelangi hanyalah sebuah ketersekejapan. ketersekejapan yang terlalu indah.  ketersekejapan yang tak mungkin dimiliki!!

*ini fotonya diambil pake kamera HP, jadi hasilnya cuma seadanya

gara - gara sajadah

Image
Sajadah kadang bikin hati saya ngga tenang setiap shalat tarawih --bukan cuma shalat tarawih aja sih, tapi juga saat shalat Ied, atau pun shalat fardu berjamaah-- dan parahnya ini udah terjadi bertahun-tahun lamanya..
kenapa? karena bagitu banyak orang, terutama perempuan senang membawa sajadah yang LEBAR, meskipun di masjid tersebut sudah disediakan karpet (bermotif sajadah). dan sajadah lebar itu mereka hamparkan begitu saja tanpa melihat shaf disampingnya, yang akhirnya membuat shaf menjadi renggang, ngga pernah rapat dan rapi :'(

sajadah lebar membuat kita sulit untuk merapatkan bahu kita dengan bahu si pemilik sajadah lebar, atau merapatkan kaki kita dengan kaki si pemilik sajadah lebar. sajadah lebar berpeluang mendatangkan setan dengan mengisi kekosongan dan kerenggangan shaf. sajadah lebar berhasil memanggil setan untuk mengganggu shalat kita. sajadah lebar berhasil mengurangi kesempurnaan shalat berjamaah kita. sajadah lebar, errrgh! “Tegakkan shaf-shaf kalian dan rapa…

Lelaki Angin

Image
*** cerita pendek ini pernah saya posting bertahun-tahun yang lalu di sini
heii lelaki angin, kapan saya menemukanmu? :') 

Dia bertanya kepadaku, tanpa ada basa-basi dalam katanya, "Apa yang kamu harapkan dariku?".
Aku hanya diam membungkam, tak lagi bisa angkat suara. Bukan karena aku tidak mengetahui jawabannya, melainkan karena sebuah pertanyaan itu terucap langsung dari bibirnya yang telah lama membisu.
Dari dia, seseorang yang hanya bisa kukagumi tanpa sanggup meraihnya. Dari dia, yang selalu mengusik setiap waktuku dengan angan semu tentangnya. Dari dia, sang lelaki anginku.
Dia menatapku begitu tajam, seperti menggertak meminta jawaban. Yang bisa kulakukan hanya membisu. Mulutku mendadak terkunci rapat untuk mengatakan semua yang telah lama kuharapkan darinya. Tuhan, mengapa pada saat seperti ini justru tak ada sedikit pun kata yang bisa terucap??
"Aku hanya inginkan kamu membagi separuh hatimu untukku!! Aku berharap kamu yang akan menjadi imam dalam hidupku! …

Curug Sawer, Cililin

Image
Awalnya saya ngajak keluarga buat ke Curug Malela, di Kampung Manglid, daerah Rongga, melewati Gunung Halu dan Cililin, Kabupaten Bandung Barat --kampung halamannya mama. Setelah cari-cari info ternyata akses untuk menuju ke sana masih sangat sulit. Jalan masih (sangat) tidak bagus: jalanan terjal berliku, sempit, berlumpur, dan berbatu. tapi coba lihat foto ini, siapa pun pasti tergoda buat ke sana: ** sumber1, sumber2

tapi, yang terjadi adalah: saya terdampar di Curug Sawer yang Letaknya di jl. Radio, Kec. Cililin, Kab. Bandung Barat --bukan di Curug Malela. Biar bagaimana pun, deretan hutan pinus dengan udara yang sangat segar membayar semuanya. Kesejukan dan pemandangan alam yang disajikan juga (sepertinya) tak kalah. Sebenernya di Curug Sawer ini ada beberapa air terjun, tapi saya hanya mengunjungi satu berhubung medan yang dilalui menanjak terjal, dan pas ke sana debit airnya ngga begitu besar.

DIMANA MALUMU?

di antara mereka ada yang berpakaian tetapi seperti telanjang.
yang lainnya ada yang berpakaian dan berdandan seperti lelaki.
membuat tato permanen dan beberapa piercing di tubuhnya.
yang sudah menutup aurat pun kadang terlihat berdua-duaan
di tempat umum dengan seorang pria yang bukan makhramnya,
sambil berpegangan erat dan bergelayut manja.
beberapa yang lainnya tertawa terbahak-bahak,
merokok di sebuah cafe tanpa peduli mata-mata yang memandang.
di tempat lain ada juga yang melenggak-lenggokkan tubuh dan kepalanya.
memang tidak semua dari mereka begitu.

tapi, di mana rasa malu itu?
masih ada kah rasa malu?

apakah jika wanita ingin dipandang sebagai golongan yang berdiri sama tinggi dengan kaum lelaki,
mereka juga harus mau duduk sama rendah dengan kaum lelaki. begitu?

“Apabila kamu tidak malu maka perbuatlah apa yang kamu mau.” (Bukhari). “Malu itu sebagian dari iman”. (Bukhari dan Muslim).

tentang cara berpikir dan rasa takut

D: mel pernah ngerasa takut?
M: takut dalam hal apa?
D: apapun!
M: apa? semacam takut akan kehilangan, masa depan, kematian, kegagalan?
D: ya sejenis itulah
M: pernah lah, D. rasa takut kan manusiawi. kenapa sih? tumben2an kamu~
D: ngga tau lagi ilang keberanian .. terlalu takut buat ngadepin besok .. takut gagal, takut kalah, takut jadi pecundang ..
M: heh D, justru kamu udah jadi pecundang duluan sebelum ngehadepin apa yang kamu takutin itu. dengan atau tanpa rasa takut, mau ngga mau pasti kamu hadepin juga kan hari esok?"Keberanian itu bukannya tak punya rasa takut, tetapi mengalahkan rasa takut."

yaa, semua punya rasa takut. semua pernah merasa takut. saya pun punya banyak sekali ketakutan: takut akan masa depan yang masih ngeblur, takut kehilangan orang terdekat, takut ngga bisa ngebahagiain orang tua, takut ngecewain dan nyakitin orang lain, dan masih banyak ketakutan-ketakutan lain yang ngga bisa dijabarkan satu per satu.
tapi bukankah apa yang kita takutin itu bersi…

bermain dan tertawa :)

Image

tentang KP dan cerita saat wawancara

liburan kali ini (harus) saya isi dengan Kerja Praktek (KP) dengan beban 4 SKS.. awalnya saya dan kedua teman saya ngajuin proposal KP secara kelompok ke Indosat dan Alhamdulillah diterima, tapi.. akhirnya kami terpisah juga. 2 temen saya ditempatin di bagian HRD, sedangkan saya ditempatin di bagian Marketing sendirian. untungnya ada anak sekampus tapi beda jurusan yang KP di Indosat juga dan ditempatin di bagian yang sama. hari pertama KP sungguh hari yang berat buat saya. datang jam 07.30 seperti yang diharuskan. saya dan teman saya disuruh menunggu sama security bagian Marketing, karena mentornya belum dateng. 15 menit berlalu, tak juga beliau datang. 30 menit. 1 jam. beliau tak kunjung datang. dan beberapa menit kemudian seorang wanita menghampiri kami, hanya berucap "tunggu sebentar yaa!" lantas wanita itu pergi lagi meninggalkan kami. baiklah, lagi-lagi saya harus menunggu. lantas akhirnya kami diberitahu kalo mentor kami --yang  tadi menghampiri kami sesaat-- sedang …

bicara tentang masa depan

waktu selalu menyadarkan saya kalau saya bukan lagi remaja belasan tahun. bukan lagi anak ingusan yang hanya berpikir tentang kesenangan, ke-senang-an, keSENANGan, dan kepuasan ego semata. tidak tentang hidup yang masih difasilitasi oleh orang tua. tidak tentang hidup yang harus selalu mengandalkan dan bergantung pada orang lain. dan apapun tentang semuanya yang masih terasa serba mudah..

masa depan menjadi hal penting yang selalu dibicarakan. target dan tujuan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.. buat saya, mungkin target besar yang harus cepat dicapai adalah: lulus cepat (3,5 tahun)! amiiin :)


lulus cepat, lulus tepat waktu, atau lulus pada waktu yang tepat?
lulus cepat dan tepat. yeah!

M:pengen lulus cepet aku.A:mang mau kmn seh mel?
ditanya gitu jujur saya masih bingung. emang mau kemana abis saya lulus S1? beberapa opsi berderet panjang dalam angan-angan saya: antara ngelanjutin ke jenjang yang lebih tinggi, cari kerjaan, bikin usaha sendiri, atau nikah. mana yang paling …

saya dan 140 karakter

Image
beberapa jam yang lalu, tiba-tiba ada komentar baru dari mbak wiend ama mbak nda di postingan fiksi mini : pertengkaran sepanjang malam:
"Selamat, Fiksimini karya sahabat menjadi salah satu pemenang di kontes Fiksimini."WOW, ternyata fiksi mini perdana saya dapet Terbaik 3 dari total peserta yang nyampe 206, sungguh diluar dugaan. Alhamdulillah.. padahal niatnya cuma coba-coba karena baru kali pertama itu saya bikin fiksi mini yang dibatesin cuma 140 karakter :)
seneng deh bisa dapet bukunya Agus Noor yang Sepotong bibir paling Indah didunia + bukunya Tere Liye yang Burlian. dan saya tidak kalah senang karena kontes ini penjuriannya dilakuin langsung sama Pak Agus Noor :)

semoga ini bisa jadi trigger buat saya rajin nulis cerita fiksi lagi ..
buat pengumuman pemenangnya bisa liat di : ~ MereKa & 140 karakter ~

memori perjalanan ke Santolo dan Sayang Heulang

Image
Mungkin beberapa dari kalian baru denger Pantai Santolo, sebuah pantai yang terletak di daerah Garut Jawa Barat, Desa Mancagahar, Kecamatan Pamempeuk. Tapi jangan ngebayangin kalo pantai ini deket dari kota Garut nya. Salah besar!! Dari Garut kota itu masih sekitar 3-4 jam lagi waktu tempuhnya. kalo mau pake angkutan umum dari Bandung, cukup 2 kali ganti angkutan. dari cicaheum pake bus jurusan Bandung - Pamempeuk. setelah nyampe terminal Pamempeuk, tinggal peke angkot jurusan Pamempeuk - Santolo, dan langsung berhenti di Pantai Santolo. Jalan ke sini udah mulus banget, ngga kayak jalan ke Ujung Genteng yang jalannya bolong-bolong dan berbatu. Kalo ngga salah biayanya cuma 35.000. Buat para backpacker atau yang suka touring, tempat ini cocok deeh. dijamin puas :D
Selain pantai Santolo, di daerah sana juga ada beberapa pantai lain, kayak pantai Sayang Heulang, Ranca Buaya, Sancang, dan beberapa pantai lainnya. Tapi yang paling deket sama Santolo yaa cuma pantai Sayang Heulang. Konon, …